Andai Aku Jurnalis Andal

Aku, Rachel Christina Victoria adalah Mahasiswa Program Studi Jurnalistik, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta, Depok. Aku sekarang sedang menempuh kuliah di semester 5. Salah satu mata kuliahku di semester ini, ialah “Penulisan Berita Online.” Sebagai tugas permulaan, bapak dosen memberi tugas untuk membuat tulisan “Andai Aku Jurnalis Andal” pada blog yang kami punya. Jadi, inilah tulisanku.



Andai Aku Jurnalis Andal



Makna jurnalistik baru ku kenal dengan baik beberapa tahun ini, tepatnya saat aku mulai mengikuti kuliah jurnalistik. Tapi, bidang jurnalistik sudah ku gemari sejak aku berada di Sekolah Menengah Pertama.

Bisa dibilang, aku korban televisi. Kala itu, ayahku sedang menyaksikan berita di televisi. Entah mengapa, aku yang biasanya tidak tertarik kemudian ikut menonton. Seorang reporter sedang menyampaikan berita. Keren, kesan pertamaku saat itu. Aku suka, dan merasa tertarik. Aku pun belum tau sebenarnya apa itu jurnalistik dan seluruh dunianya, tapi aku ingin menjadi seorang jurnalis. Lalu, akhirnya aku sampai di titik di mana aku berada sekarang, menjadi mahasiswa jurnalistik.

Meliput, menulis, merangkai berita, dan mempublikasikannya. Rangkaian kegiatan yang keren, bukan? Apalagi, secara langsung. Ya, seperti pekerjaan reporter televisi. Pula, mengunjungi banyak tempat, tapi tak melulu kepentingan berwisata. Namun, selalu mendapat informasi dari setiap tempat, dan kemudian memberikannya kepada masyarakat melalui media. Menantang! Itulah yang aku tahu dan percaya sampai saat ini. Seorang jurnalis selalu belajar dalam bekerja. Seorang jurnalis tak pernah berhenti mau tahu.

Dunia jurnalis mulai kuselami lebih dalam di perkuliahan. Amatiran memang sampai sekarang, tapi aku tak pernah mau berhenti belajar. Belajar dari dosen-dosen juga teman-teman, melihat kerja para wartawan saat aku ditugaskan liputan. Berat aku akui; mencari berita, mencari narasumber, mengolahnya menjadi bahan untuk diterbitkan. Tapi itu terus memacuku untuk terus belajar, aku mau jadi profesional.

Suatu saat nanti, saat aku sudah jadi jurnalis andal... Aku mau terus beri yang terbaik buat masyarakat. Mengabdi kepada negara, juga pada tanggung jawab. Aku mau jadi jurnalis yang tidak biasa. Aku mau punya mata yang tidak biasa. Aku mau punya sudut pandang yang luar biasa. Aku mau punya hasil karya yang berdampak buat banyak orang.


Semoga saja dengan belajar dan usahaku di kuliah untuk menyelami jurnalisme membantuku untuk meraih mimpiku. Terus belajar dan latihan itulah yang harus kulakukan sekarang. Seperti pernyataan oleh thenewsmanual,
"There are many reason for becoming a journalist and many type of journalists to become. It is a career with many challenges and rewards." 

Semoga nantinya aku bisa menjadi jurnalis yang baik, yang bekerja sesuai kode etik dan bertanggung jawab pada publik. 

Komentar

Posting Komentar